Rabu, 26 Maret 2008

HAM vs SAFETY

Salah satu HAM adalah Hak Untuk Hidup (Setiap orang berhak untuk hidup, mempertahankan hidup, meningkatkan taraf kehidupannya, hidup tenteram, aman, damai, bahagia, sejahtera lahir dan batin serta memperoleh lingkungan hidup yang baik dan sehat).
Jika dan hanya jika saya seorang pengusaha, maka saya berhak membuka pabrik sepatu untuk meningkatkan tarah kehidupan saya dan tiap mereka yang bekerja di perusahaan sepatu saya berhak bekerja dengan perlindungan keselamatan untuk tetap hidup, mempertahankan hidup dan meningkatkan taraf kehidupan mereka. Safety adalah Hak Untuk Hidup dalam bekerja..ini berarti pergi kerja Hidup dan pulang kerja masih tetap Hidup. Pergi kerja dengan jari tangan 10 dan pulang kerja dengan jari tangan 10.

Berjuta ilmu dan teknologi di bidang safety yang ada saat ini dan jutaan lagi yang akan ditemukan kemudian memiliki tujuan utama untuk melindungi hidup manusia. Tentu saja ilmu dan teknologi safety bisa digunakan juga untuk melindungi lingkungan dan meningkatkan keuntungan perusahaan, tapi itu fungsi tambahan bukan fungsi utama.

Seperti handphone jaman sekarang, fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain tapi juga telah banyak memiliki fungsi tambahan..yah buat dengar musik, dengar radio, nonton tv..atau bikin foto dan video porno..... toh fungsi utamanya tetap untuk alat komunikasi karena itu tetap handphone namanya...

Lau bagaimana cara kita menjual safety ke atasan kita, rekan kerja, anak buah atau mahasiswa kita ? apa yang kita pastikan mereka beli? fungsi utamanya atau fungsi tambahannya? jika mereka membeli safety lebih terutama untuk fungsi tambahannya maka jangan salahkan mereka jika mereka tidak menggunakannnya untuk melindungi hidup manusia.

Seperti Ratna yang sering nonton tv dengan handphonenya namun masih tetap bingung jika harus mengirim SMS. Seperti itu lah Rudi yang telah memperoleh sertifikasi OHSAS 18001 untuk perusahaannya namun tetap tidak berfikir untuk menerapkan safety di kehidupannya sehari-hari...Amat itu supir pribadinya...apa hubungannnya dengan keuntungan perusahaan???????

Safety is not a Business.....Safety is Human Rights

Tidak ada komentar: